Analisis Segmentasi Pasar Mie Setan
Mie setan merupakan produk asli Malang. Produk ini
berinovasi dengan resep baru yang menyajikan mie dengan rasa pedas berdasarkan
level-level yang ditawarkan, yaitu level satu hingga level 5, dimana setiap
levelnya menunjukkan tingkat kepedasan yang berbeda. Selain makanan tentunya
juga disediakan pula minuman, diantaranya : es pocong, es genderuwo, es tuyul,
es sundel bolong, dll. Nama yang unik dari menu mkanan dan minuman yang
ditawarkan menjadikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen sehingga produk
yang ditawarkan merupakan sebuah inovasi yang memberikan warna baru dalam dunia
kuliner.
Dari segi demografis, mi setan dikonsumsi pria dan
wanita usia dewasa, tetapi terdapat pula mie yang disajikan dengan tanpa cabai
yang dinamakan mie angel. Mie tersebut diperuntukan bagi anak-anak dan orang
yang tidak menyukai pedas. Harga yang ditawarkanpun culup terjangkau bagi semua
kalangan, yaitu berkisar Rp 8.000,00/porsi makanan untuk semua level dan Rp6.000,00
– Rp9.000,00 untuk harga minuman.
Dari segmntasi geografis, makanan ini memang makanan
yang hanya bisa ditemukan dikota Malang yang tidak membuka cabang didaerah
lain. Hal ini menjadi daya tarik bagi konsumen daerah malang ataupun juga
konsumen dari luar kota.
Dari segmentasi perilaku, respon konsumen terhadap
produk ini sangat lah tinggi karena para konsumen tertarik dengan nama mie
setan sehingga menimbulkan respon keinginan untuk mencobanya dan merasakan
sensasi pedas dari setiap levelnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar